Pages

Monday, September 28, 2015

#BananaPancakeTrip Part 1: Pendahuluan

Sebulan yang lalu, di bulan Agustus, gue abis jalan-jalan kere hore ke beberapa negara di Asia Tenggara. Perjalanannya sendiri udah gue impikan sejak akhir 2013 sebenernya, tapi karena satu dan lain hal (baca: ngga punya duit dan urusan si tujuh huruf yang gak beres-beres) akhirnya baru beneran serius dibikin plan-nya di 2014 dan berangkat di tahun 2015. Panjang dan lama, ya, ngalah-ngalahin persiapan kawinan.

Awalnya, rencananya emang mau solo backpacking ceritanya. Kenapa solo? Karena menurut gue, jalan sendiri lebih ngga ribet. Eh, ya, mungkin ribet, tapi ribetnya sendiri aja gitu. Ngga ngeribetin orang lain. Pusing juga nantinya ya pusing sendiri aja, nggak musingin orang lain. Intinya sih emang males ribet (dan diribetin orang) aja sik, hehehe.. Setelah gugling sana-sini, akhirnya diputuskan destinasinya di Asia aja.
Kenapa Asia? Ya karena belom mampu buat keliling Eropa hahaha. Yaa kalaupun duitnya cukup buat ngebiayain backpackin ke Eropa, tapi tabungan buat jaminan bikin visanya kayanya juga ngga cukup -.-“ Akhirnya tekad semakin bulat buat Asia aja deh, Asia Tenggara lebih tepatnya. Rutenya menelusuri Banana Pancake Trail.
Jangka waktu? Paling lama 20 hari deh. Lebih dari itu, kayaknya pulang-pulang gue makan nasi aking setiap hari di Indonesia.

Di pertengahan 2014, salah satu maskapai penerbangan lagi gelar promo tiket murah abis-abisan. Temen gue, Miun, yang ngasih tau soal promonya. Trus gue jadi cerita soal rencana gue buat solo backpacking. Ternyata dia tertarik pengen ikutan, ya gue ajakin aja.
Yang tadinya mikir “Ribet ah kalo bareng sama orag lain” berubah jadi “Ah kalo ada temen, kan, ntar kalo bego nggak sendirian, dan akhirnya malah ngajak Kak Sasti dan Minul Sepupu Gaul buat ikutan juga. Tadaaaaa.. Jadi rame deh, hahaha.

Setelah liat-liat harga tiket (PROMO - harus ditekankan kalo ini tiketnya promo, ya! Biar gue ga dituduh tajir melintir, trus abis itu dipalakin dan dipajakin macem-macem) dan rute yang ada, akhirnya gue bikin itinerary lengkap dengan perkiraan biaya yang harus dikeluarkan. Berhubung sini anaknya rada perfeksionis dan banci atur ya, jadi belom apa-apa udah detail banget mau apa dan gimana.
Alhamdulillah banyak blogger baik hati yang bersedia membagi ceritanya di blog, jadi bisa dijadiin contekan :D. Gue banyak nyontek dari sini, sini, dan sini.

General Itinerary

Setelah melalui pemikiran yang panjang, diputuskan perjalanan akan berlangsung selama sepuluh hari (diskon 50% dari rencana awal 20 hari ya), lima negara, dan delapan kota*. Dimulai dari tanggal 12-22 Agustus 2015 dengan rute: Jakarta -Ho Chi Minh City - Phnom Penh - Siem Reap - Bangkok - Phuket - Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur - Jakarta.

Setelah semua pihak setuju sama itinerary yang gue buat, dimulailah pemesanan tiketnya. Alhamdulillah berhasil dapet tiket untuk empat penerbangan (buat menggantikan perjalanan darat yang jarak tempuhnya lebih dari tujuh jam).Eits, tapi belum bisa girang, karena gue belom berhasil dapet tiket Jakarta-Vietnamnya.

Gue pikir, "Gue punya waktu sekitar setahunan buat nabung sambil nyari-nyari tiket murah dari Jakarta ke Vietnam" 

Kenyataannya?
Gue baru nemu tiket ke HCMC tiga bulan sebelum keberangkatan dan baru mulai nabung setelah itu. Huahahahaha..

Beli tiket buat tempat-tempat yang akan dikunjungi?
Tiga minggu sebelum keberangkatan. 

Booking Hostel?
Seminggu sebelum berangkat. Huahahhahaah..

Padahal di awal bilangnya perfeksionis dan banci atur ya. Ujung-ujungnya beli last minute aja, sisteer! Alhamdulillah semua harganya masih wajar**.

Posting berikutnya Insya Allah udah mulai cerita soal perjalanannya yaa.. Nantikan! Minggu depan!***

Cupcupmuah,
R



* Itinerary lengkap akan gue upload ya
** Budget lengkap juga akan gue upload nanti
*** Or minggu depannya lagi. Kalo nggak males, kalo nggak sibuk sama arisan berlian atau apapunlah :p, dan kalo udah berhasil milih foto yang appropriate buat dipajang di sini :))

No comments: