Pages

Showing posts with label curcol. Show all posts
Showing posts with label curcol. Show all posts

Tuesday, March 11, 2014

Hotel Echo Lima Papa!

Nah, kan. Kelamaan ngga ngeblog itu efeknya ya gini ini: lupa kalo dikejar target posting sejumlah umur selama bulan Maret. Cih. Lagian, sih, banyak gaya. Udah tau umurnya banyak, harusnya kan setidaknya sehari bikin satu posting. *ngomong sama kaca*

Sebenernya pengennya, sih, di blog ini cerita-ceritanya ngga usah serius-serius amat, ya. Ngga usah pake sedih-sedih galau juga. Abisnya, ternyata blog ini dibaca sama temen-temen dan sodara gue.. Kalo ceritanya kurang hepi, langsung dimintain konfirmasi, cem artis ajah. Tapi ya gimana dong. Namanya juga idup, masa maunya seneng mulu, ya ngga, shay?

Jadi gini, posting kali ini ceritanya penjelasan dari posting yang ini.

Banyak yang bilang, gue sangat mandiri. Independen.
Konsep diri gue jadi terbentuk seperti itu: gue ngga ambil pusing orang mau ngomong apa, ngga ikut-ikutan, ngga takut berbeda kalo orang lain sama. Eh kok egois, keras kepala, dan mandiri jadi beda-beda tipis gini, sih? Tapi gue nyaman seperti ini, mau apa yu, hah? (Kok jadi ngajak ribut?)

Hidup gue santai kaya di pantai. Asik like a G6 (trus nyanyi jedag jedug "naw aim filing so hai laik e jisiks.."). Woles kaya risoles.

Gue sangat independen, mandiri, tidak bergantung pada orang lain..

Gue pikir begitu.
Sampai akhirnya gue dihadapkan sama satu permasalahan yang membuat gue merasa cemeeeeen banget.

Gue tau kalo gue bisa dibantu, tapi gue ngga mau minta bantuan.

Gengsi? Hmm.. Bukan gengsi, sih, kalo menurut gue.
Gue terbiasa dan dibiasakan untuk BISA melakukan semua hal sendirian. Jadi, semuanya sebisa mungkin gue lakukan tanpa bantuan siapapun.

Tapi kehidupan manusia kan ngga kaya gitu, ya? Manusia itu selain makhluk individual, juga makhluk sosial dan makhluk spiritual. Jadi, ngga semua bisa dilakukan sendiri, ngga semua harus dilakukan sendiri. Ya kan?

Gue takut minta bantuan orang lain (untuk masalah ini, ya..). Gue takut kalo nantinya gue akan merasa ngga nyaman ketika dibantu. Padahal siapa yang tau? Kali aja gue malah ngerasa nyaman dan lega karena udah dibantu. Atau jangan-jangan gue takut kalau nantinya malah ketagihan minta dibantu terus? Intinya, gue takut untuk alasan-alasan yang gue sendiri ngga yakin.

Kaya gitu, gengsi bukan? Paranoid? Trust issues?

Apalah..
Yang jelas, gue sekarang sadar kalo gue butuh bantuan. Kemaren-kemaren mungkin alam bawah sadar gue teriak-teriak minta tolong, tapi ngga gue peduliin. Sekarang, mungkin udah saatnya gue minta bantuan.

HELP!

Kotaro Minami! Mamoru Chiba! Tolong akuuuuu..,
R



PS: Kayanya jokes tentang anak psikologi "orang yang milih masuk psikologi itu biasanya alesannya salah satu dari dua ini: buat 'ngobatin' orang lain atau 'ngobatin' dirinya sendiri.." bener deh. Berobat jalan, gueeee.. :))))
PPS: Udah ya, ga usah ditanya-tanya kenapa. Didoain aja biar cepet baek.. *geer banget kaya bakal ada yang nanya*

Monday, February 10, 2014

Mau Minta Kado Apa?

Gue pengen ke Orlandoooooo!

Dan ini semua gara-gara Mbak Laila (Ih, ikrib bener sih gue sok manggil Mbak). Gue udah ngikutin blognya sejak.. Hmm.. Sejak kapan ya? Tahun 2012-an kayanya, pas doi ke Jepang. Trus gue subscribe blognya di google reader gue. Sampe sekarang, walaupun google reader udah almarhum dan gue berpaling ke feedly, gue masih ngikutin blognya Mbak Laila ini.

Yang paling gue seneng dari blog-nya Mbak Laila ini adalah kalo dia lagi cerita-cerita soal Disney. Sebagai pecinta Disney, girang lah gue berasa dapet temen (cih, lagi-lagi sok akrab, sok temenan padahal komen di blognya aja grogi). Akhir tahun lalu, doi cerita di blognya kalo dia mau "naik haji" ke Walt Disney World, Orlando dan doi bikin satu blog lagi yang nyeritain soal A to Z persiapan dan cerita-cerita selama di WDW.

Berhubung cerita-ceritanya belom dipost di blognya, gue mantau (tsaah mantau) instagramnya. Liat instagramnya pas lagi di WDW, jadi berasa dikasih live report dari sana. Dan foto-fotonya itu bener-bener bikin gw pengen ngepet ngerampok bank nyulik anak konglomerat buat dijadiin sandera dan minta tebusan nabung buat ngumpulin duit biar bisa ke sana. Asli, foto-foto dan video yang diupload bikin sirik banget.

Ada beberapa video yang pas gue liat rasanya kaya mau nangis saking terharunya, kaya Wishes Fireworks, Talking Mickey, dan greetings dari cast members di WDW (lengkap dengan kedipan mesra dari Aladdin). Ada juga video dan foto-foto yang bikin geli, kebanyakan sih karena caption khas Mbak Laila yang konyol :)))

Gara-gara itu, gue jadi ngitung-ngitung biaya yang harus gue kumpulin kalo gue mau ke WDW. Bisa sih gue kesana kira-kira tahun 2017 tapi gue ngga bisa nabung buat kawin (uhuk!), haji, DP rumah, dan nyiapin dana-dana yang sering disebutin sama mrshananto kalo lagi Finclic. Jiaaaah!

YSL! Ya Sutra Lah yaa.. WDW nya nanti-nanti aja. Kalo emang mentoknya cuma bisa sampe HKDL atau TDL juga kayanya gue juga udah syukur Alhamdulillah :)) Tapi gue tetep menerima dengan tangan terbuka dan hati yang ikhlas loh, kalo ada dermawan yang mau ngasih kado ulang tahun paket perjalanan 9D8N ke Walt Disney World Orlando :)) *ngelunjak*yuk bobok lagi biar mimpinya ga kelar-kelar*

Sekian dan terima kado,

R

Saturday, March 24, 2012

Seperempat Abad

Iya, umur gw udah seperempat abad. *uhuk*
Kalo tahun-tahun sebelumnya, gw selalu bikin list kado di blog. Tahun ini ngga, maluuuu :"> udah seperempat abad kelakuan masih kayak anak TK :p Tapi masih sama kaya tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun gw jadiin saat untuk memulai tahun yang baru. Kalo orang-orang bikin resolusi di tanggal 1 Januari, gw bikin resolusi dan mengucap harapan di tanggal 19 Maret.

Alhamdulillah, masih dikasih kesempatan buat ngerasain ulang tahun perak :p Alhamdulillah banyak yang ngedoain. Doanya rata-rata sama kaya doa gw: cepet lulus. Amin! Banyak juga yang ngedoain cepet ketemu jodoh, cepet nikah, jadi buka sekolah seperti yang gw cita-citain dari dulu, jadi psikolog handal, dan sebagainya. Terima kasih semuanyaaa *cipok satu-satu*

Anyway, gw lagi suka banget sama lagu ini:

Agak-agak bikin galau sih lagunya, kaya lagu Bang Thoyib tapi versi internasional gitu kali ya :p

Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, boleh kali gw posting lagi :p
Semoga gw masih bisa posting pas ulang tahun emas ya, that'd be awesome! :)


Yang udah makin tua,

R

Monday, December 12, 2011

Musim Kawin

Bener-bener deh, hari berlalu terlalu cepat. Tiba-tiba udah bulan Desember aja. Wait, ini waktu yang berjalan sangat cepat atau gw yang ngga bisa memanfaatkan waktu?

Anyway, di akhir tahun ini ternyata banyak temen-temen gw yang menikah. Jadi, Desember sampe Januari ini weekend gw disibukkan dengan menghadiri undangan-undangan pernikahan. Berhubung gw masih punya kewajiban yang harus diselesaikan di Semarang (sementara undangannya kebanyakan di Jakarta) dan keinginan gw untuk memiliki pesawat pribadi biar gampang bolak-balik dengan cepat belum tercapai, gw memutuskan untuk ke Jakarta dua minggu sekali aja. Itupun naik moda transportasi yang paling ekonomis dan dengan restu nyokap gw. Jadi, gw tetep bisa bimbingan di Semarang dan tetep bisa dateng ke nikahan temen-temen gw.

Awal Desember kemarin, salah satu sahabat gw, Riva, akhirnya melangsungkan pernikahan dengan Tya, cewe yang udah menemaninya bertahun-tahun :D. Seneng banget deh ngeliat akhirnya salah satu temen terdekat gw ada yang married. Riva a.k.a Ripe ini adalah  temen gw waktu di SD dan SMP Al-Azhar. Setelah lulus SMP, kita masih sering ngumpul di rumah gw, minimal setahun sekali pas buka puasa di rumah gw. Oh iya, gw pernah cerita tentang Ripe di sini. Congrats, Pe! Cepetan kasih ponakan buat gw :D

*foto ini nyomot dari FB nya Tya :D

Sabtu besok akan ada tiga undangan: jam 10, jam 1 siang, dan jam 7 malem. Minggunya dua undangan lagi di waktu yang sama. Mabok kawinan deh gw. Yang kayak gini-gini nih yang bikin pusing, kalo ngga dateng ke salah satunya ngga enak. Soalnya diundangnya langsung sama yang bersangkutan, ga enak kalo ngga dateng. Pusingnya banyak: pusing mau pake baju apa, pusing dandannya (baca: bedakkan dan sisiran) pusing mau pergi sama siapa (ini bukan masalah bawa gandengan atau ngga, tapi siapa yang mau nganterin mengarungi macetnya Jakarta kalo undangannya mencar-mencar?), pusing kalo ditanya kapan mau nyusul, dan lebih pusing lagi kalo nantinya ada pertanyaan "kok belum lulus juga?" :'(

Satu hal yang paling menyenangkan kalo dateng ke kawinan temen, selain makan prasmanan gretongan, adalah bisa ketemu temen-temen yang lamaaaaaaaaa banget ngga ketemu. Ngobrol mengingat masa-masa cupu dan norak *eh sekarang juga masih sih* selalu menyenangkan :)

Apa? Giliran gw kapan? *tampaarrrrrr* Ntar lah ya, gw lagi rajin ke wedding expo nih, kali aja ada yang nyediain wedding package including jodoh gw :p

Cupcupmuah,

R

Tuesday, October 25, 2011

Empat Dari Seribusatu Alasan Egga Update Blog :p

Oke, jadi udah tiga minggu ngga ngeblog. Ada beberapa distraction yang bikin gw ngga ngeblog..

TOEFL
Salah satu syarat buat jadi sarjana di kampus gw adalah telah mengikuti tes TOEFL. Jadi, mau ngga mau, suka ngga suka, gw harus ambil tes TOEFL secepetnya. Oh iya, perlu dijelasin di sini, walaupun gw udah bilang bahwa tes TOEFL ini merupakan salah satu syarat yang menentukan kelulusan, ini bukan berarti gw udah hampir sidang ataupun wisuda dalam waktu dekat. Ini semata-mata gw lakukan karena gw ngga mau ribet di saat-saat terakhir aja.
Gw akhirnya ambil TOEFL di kampus, karena emang cuma buat dipake di lingkup kampus aja. Nah, berhubung bahasa ibu gw adalah bahasa Indonesia, jadi gw merasa perlu mempersiapkan diri buat menghadapi TOEFL ini. Gw dan temen-temen berinisiatif untuk belajar bareng. Tapi seperti biasa, niat hanya tinggal niat. Belajar bareng justru membawa kami pada distraction lainnya...

wewewe[dot]karaokeparty[dot]com^
Ini dia pengganggu utama tiap kali gw dan temen-temen lagi ngumpul buat mempersiapkan tes TOEFL. Basecamp *tsaaah* kami adalah di kosan Dini. Nah, kosannya Dini ini koneksi internetnya lancar jaya. Jadi, tiap buka internet bawaannya pengen langsung buka website ituh. Udah gitu, yang namanya Ria, Ami, Dini, dan Demy itu semuanya banci karaoke. Belom lagi kalo ada Dian dan Sekar, lengkap deh Cherrybelle asal Tembalang #eh :p
Eh tapi, meskipun ini bukan advertorial, buat banci karaoke yang kere dan medit kaya gw, website ini lumayan banget loh buat menghalau galau maupun buat jadi icebreaker di kala ngumpul sama temen-temen :D 
Anyway, si karaokeparty ini berhasil menjauhkan gw dari ngapdet blog karena tiap koneksi internet lagi bagus, gw cuma mau buka ini dan nyanyi-nyanyi ampe bego :p

e-KTP
Kebijakan pemerintah soal e-KTP ini emang bikin repot. Gw harus repot-repot pulang ke Jakarta cuma buat scan retina, scan sidik jari, dan foto. Alhamdulillahnya, ngga seperti pengalaman beberapa teman yang harus ngantri berjam-jam buat melakukan itu semua, gw cuma nganti 10 menit. Yak! 10 menit ngantri, 10 menit scan dan foto. Total 20 menit ngga sebanding sama total waktu perjalanan delay penerbangan dari Semarang-Jakarta yang sampe 3 jam lebih. Errrrrggghh! (Anyway, gw berjanji ngga akan naik maskapai penerbangan itu lagi. Emosi jiwa pulang pergi bikin keriput!)

Skripsi
Ah. Ini mah harusnya ngga usah ditulis juga semua tau kalo gw bohong :p. Gw nulis ini cuma sebagai pengumuman aja, kali aja ada yang penasaran. Yak! Skripsi gw belom beres juga, in fact, gw belom bimbingan lagi. Ini adalah sumber galau dari segala penggalauan *halah, apaan sih* Skripsi ini bikin --minjem kata-katanya Chika-- gerak dikit aja langsung galau.

Yaa gitu deh kira-kira idup gw dalam tiga minggu terakhir. Penuh keriaan dengan taburan galau dan sedikit tragedi :p 

-R-

^ini bukan iklan, sumpah saya ngga dibayar sepeserpun sama website yang bersangkutan!

update: ternyata, kata Dini, personilnya Cherrybelle itu ada 9. Di atas baru gw sebutin enam orang doang. Jadi, dengan ini saya akan melengkapi Cherrybelle asal Tembalang sebagai berikut: Ria, Demy, Ami, Dini, Sekar, Dian, Acin, Kak Nindy, dan Aul. Semuanya adalah banci karaokeparty) :p

Saturday, October 01, 2011

Hallo Oktober! ;)

Vina Panduwinata nyanyi September Ceria tentunya bukan tanpa alasan. Buat yang skripsinya lancar tentunya lagu ini pas banget, mereka sidang di bulan September (atau di bulan sebelumnya) trus jadi sarjana di bulan itu. Sementara buat mahasiswa/i yang skripsinya masih nyangkut kaya gw, cuma bisa seneng-seneng sampe bulan September. Setelah September datanglah bulan Oktober, bulannya orang-orang pada wisuda. Yang artinya: NERAKA!

Masuk bulan Oktober, sebagian teman di kampus lagi ngurus surat-surat kelulusan. Sambil nunggu surat jadi, obrolan yang muncul adalah seputar kebaya, undangan wisuda, dan pendamping wisuda. Aaaaarrrggh! Sirik? Iya bangeeeeet.. Mari berdoa supaya cepat menyusul. Berdoa, mulai!

"Ya Allah.. Izinkan saya wisuda di periode berikutnya: Januari. Amin!"

Berdoa selesai :D

Anyway, selamat buat teman-teman saya yang akan wisuda Oktober ini: Fitzgerald Andrew Manuhutu, S.Sos., Agustina Wulansari, S.Psi., Nikmah Sofia Afiati, S.Psi., Rosa Ria Indah, S.Psi.* dan temen-temen lainnya yang ngga kesebut :D Semoga sukses di kehidupan selanjutnya (eh maksud gw di kehidupan kerja atau per-S2-an gituh..) :p

Selamat datang, Oktober :)
-R-

* mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan nama dan gelar. Maklum, penulisnya ga pake crosscheck ke database euy :p

Monday, September 05, 2011

Friendship Issue *edisi lebay*

chrysptr: eh gue abis baca blog lu neng
mmrbr: oh ya?
mmrbr: yang mana?
chrysptr: yang memorabiria
mmrbr: trus trus, lo baca yg mana?
chrysptr: baru dikit si
chrysptr: gw baca yg bukan basa basi
mmrbr: comment dong
chrysptr: gue temen basa basi bkn?
mmrbr: katanya udah baca
mmrbr: masa masih nanya
mmrbr: kan udah jelas baget tuh
mmrbr: buat gw ngga ada temenan basa-basi
chrysptr: :)
chrysptr: nanya doang
chrysptr: ngecek jawabannya sm gak ky yg di blog :p
mmrbr: *tampol*
mmrbr: resek ah lo
chrysptr: :))
chrysptr: nulisnya lagi galau yak? :p
mmrbr: kagaaaaak!
mmrbr: sober gilak!
chrysptr: biasanya kan gt
chrysptr: trs tau tau mewek
chrysptr: :))
mmrbr: *tajong*
mmrbr: ngga galau, tp lg merenung *tsaaah*
chrysptr: knp lg?
mmrbr: jadi temen yang baik itu susah ya..
chrysptr: mksd?
chrysptr: mksdnya?
mmrbr: iya susah, ngga boleh posesif, ngga boleh egois
mmrbr: ngga boleh rese, harus mendukung, ngga boleh sirik
mmrbr: ngga boleh maksa
mmrbr: ngga boleh banyak tanya kalo memang temennya ngga mau cerita
chrysptr: :))
mmrbr: malah ngetawain
chrysptr: abisan lu lucu
chrysptr: yg ky gt mah gak cuma ama temen
chrysptr: sbg makhluk sosial emg gak blh rese, gak boleh egois gak boleh sirik
chrysptr: sm tmn sm sodara sm keluarga sm org lain juga
chrysptr: jd temen yg baik itu gampang menurut gue mah
chrysptr: yg penting tulus
chrysptr: bener yg lu bilang: gak basa basi
mmrbr: iya sih :D
mmrbr: berarti yg susash itu jadi temen gw kali ya?
mmrbr: yg gw sebutin td justru proyeksi gw aja kali ya?
chryptr: proyeksi?
mmrbr: he em
mmrbr: kan td gw bilang susah jd temen baik
mmrbr: ga blh ini itu anu segala macem
mmrbr: pdhl sebenernya justru gw yg ngarep temen gw ngga ini itu anu segala macem
mmrbr: jd yg susah itu sebenernya justru untuk jadi temen gw
mmrbr: gw nya kebanyakan syarat
mmrbr: iya ngga sih?
chrysptr: knp lu ribet amat sih neng?
chrysptr: gue temen lu bukan?
mmrbr: ya iya laaaaah
chrysptr: gue rese gak?
mmrbr: kadang2
mmrbr: eh sering deng :p
chrysptr: nah
chrysptr: gw rese tp ttp bs jd temen lu
chrysptr: brati gak susah jd tmn lu
chrysptr: temen lu juga banyak
chrysptr: kalo susah mah gak akan ada yg mau temenan ama lu
chrysptr: gak usah lebay neeeeng! :)

Iya nih, akhir-akhir ini gw sering lebay. Sok merenung, ujung-ujungnya galau. Pasti efek kebanyakan nonton drama Korea :p *yak, salahin aja yang ngga bisa ngomong buat ngebela diri*


Yang lebay dan tak berdaya,
R

Sunday, September 04, 2011

Bukan Basa Basi

Gw abis baca salah satu posting blog yang ada di reading list gw. Hmm.. Dia nyebutin istilah pertemanan basa-basi, pertemanan yang fake. Trus gw jadi agak tertarik buat posting blog dikit.

Buat gw, ngga ada yang namanya pertemanan basa-basi. Pasti akan ada yang bilang gw munafik, naif, sok suci, bego atau apalah. Tapi beneran deh, buat gw ngga ada yang namanya temenan basa-basi. Temenan ya temenan aja. Kalo ada yang penilaian cuma basa-basi berarti ya bukan temen. Mungkin kenal aja. Bukan temen. Mungkin sok kenal aja. Bukan temen. Mungkin pernah ketemu aja. Bukan temen.

Temen, tapi ngga deket? Bukan alasan buat bikin hubungan pertemanan jadi cuma sekedar basa-basi. Temen deket? Ini lagi, masa iya sama yang deket cuma temenan basa-basi doang? ;)

Bingung? Ngga usah pake bingung.

Dijahatin temen? Dibohongin temen? Ya udah, ngga usah diajak main lagi aja, jangan ditemenin lagi :p Kedengerannya agak kekanak-kanakan ya? Tapi mungkin kadang-kadang kita emang harus berpikir kaya anak kecil biar ngga terlalu banyak drama dalam hidup :p

Friends are the family we choose for ourselves, katanya. Kita yang milih, kok. Bukan dipilihin. Jadi buat apa temenan cuma basa-basi doang? :)


Cupcupmuah,
R

Sunday, July 24, 2011

Syndrom Mahasiswa Kebelet Lulus: Banyak Mau!

Ketika masuk pada tahap skripsi, gw menyadari kalo gw sering galau. Jeleknya, gw kalo galau cenderung menghindari masalah dan jadi engga produktif. Misalnya, beberpa waktu yang lalu gw stuck di Bab 1. Alih-alih nyari solusi, gw malah jadi males bimbingan sama dosen. Atau pas ada masalah akreditasi (yang ini sih sebenernya ngga usah dipikirin, tapi namanya juga galau, bisa nemplok kapan aja dimana aja), gw malah jadi counter-productive ngerjain skripsinya dan malah mikir buat menunda kelulusan.

Nah, dalam rangka menambah semangat buat ngerjain skripsi dan lulus tahun ini, gw bikin hadiah buat diri gw sendiri kalo berhasil memenuhi target. Hadiahnya adalah: JALAN-JALAN! :D

Gw punya beberapa peer debrief selama mengerjakan skripsi. Semuanya adalah temen-temen seangkatan di kampus yang juga lagi menjalani skripsi. Jadi kalo udah mulai sebel, galau, dan stuck sama skripsi, kita saling menyemangati satu sama lain. Salah satu cara menyemangati adalah dengan bikin planning jalan-jalan bareng.

Yang jadi masalah adalah, plan jalan-jalan barengnya engga cuma satu, soalnya peer debrief gw juga engga cuma satu. Mungkin ini syndrom yang dialami sama mahasiswa yang udah kebelet lulus: bikin rencana jalan-jalan setelah lulus.

Kalo sama Cepi, gw bikin rencana road trip keliling Sumatera (dengan tujuan utama Sikuai! Gaya banget kan!). Sama anak-anak kosan, kami merencanakan buat mengunjungi pantai-pantai di Pulau Jawa. Sama Ami, Muty, Ulil (geng RM :p) berencana buat ikutan program bahasa di sebuah negara setelah lulus barengan. Belom lagi perjanjian yang gw tanda tangan bareng Acin, Demy, Sekar, Tala pas tahun 2009 buat tur berenam ke negeri para dewa dewi (Iya.. Gw tau, gaya banget kaan? *sigh*)

Kemarin malem gw juga sempet chatting sama Masyhur. Dia cerita soal rencananya jalan-jalan ke Kalimantan-Sulawesi-Nusa Tenggara setelah lulus nanti. Gw jelas tergiur buat ikutan. Belom lagi rencana gw buat berkunjung ke kampung para leluhur gw di Gorontalo berdua mamah setelah lulus.

Iya iyaaa.. Gw tau kok gw BM! Gw juga pusing yang mana yang beneran bisa direalisasikan, karena kalo mau semuanya berarti harus nanem pohon duit dulu.. Atau muntah berlian, atau nambang minyak bumi di muka -.-" Tapi tuh ya, segala macem rencana jalan-jalan ini beneran bikin gw semangat buat ngerjain skripsi dan lulus secepetnya! Kalo nabung mah udah jelas gw lakukan.. Tapi kalo engga cukup juga? Ya.. Kita berdoa aja, siapa tau gw ntar dapet rejeki banyak jadi bisa terpenuhi semuanya. Amin! :D

Yuuk, doa bersama! Berdoa dimulai...
...
...
...
Selesai! Amin! :D

-R-

Thursday, June 23, 2011

Ria Banget. Ngga Ria Banget.

"Kenapa sih elo maksain diri buat sesuatu yang 'ngga elo banget'?"

Hmm.. Pas ditanya gitu, jujur, gw tersinggung banget. Menurut gw, apa yang dia bilang "ngga gw banget" itu justru malah "gw banget". Err.. Atau setidaknya, menurut orang-orang di sekitar gw demikian.

Kenapa harus tersinggung? Karena yang ngomong gitu bukan orang yang baru kenal gw kemaren sore. Orang ini udah kenal gw bertahun-tahun. Wajar ngga sih kalo gw tersinggung?

Kalo udah kaya gini, ada tiga kemungkinan yang bisa terpikirkan oleh gw:
Satu. Orang tersebut ngga bener-bener mengenal gw. Temenan bertahun-tahun, tapi ngga tau gw yang sebenernya. Atau mungkin dia cuma kenal Ria yang di permukaan aja, ngga sampe mendalam.

Dua. Orang tersebut bener-bener mengenal gw. Jadi dia tau yang sebenernya. Apa yang dibilang sama orang lain sebagai sesuatu yang "Ria banget", menurut dia bukan "Ria yang sebenarnya". Mungkin menurut dia, Ria yang sebenarnya ngga seperti yang dilihat oleh orang lain.

Tiga. Gw yang belum mengenal diri gw sendiri dengan baik. Sampe-sampe gw ngga bisa nentuin mana yang "gw banget" dan mana yang "bukan gw banget". Mana yang "kata-orang-sih-Ria-banget" dan mana yang "bukan Ria banget". Agak miris sih, anak psikologi kok konsep dirinya payah.

Eh ada satu lagi sih kemungkinannya. Orang tersebut cuma becanda dan gw udah kehilangan sense of humor, jadinya ngga nangkep becandaannya.

Yang kaya gini nih, yang bikin gw ngerasa harus lebih banyak merenung dan mengerutkan dahi.

-R-

Saturday, May 28, 2011

Teknologi. Take-No-Logic?*

Tulisan ini sebenernya gw bikin beberapa bulan yang lalu di notes, tapi masih tersimpan rapih di folder laptop. Sekarang gw post di sini sebagai bentuk dedikasi untuk temen-temen gw yang putus sama pacarnya dengan alasan jarak yang memisahkan.

"Pisah 18 ribu(an) kilometer rasanya lebih deket dari pada 140(an) kilometer ya?"
Kalimat ini dikeluarkan oleh seorang temen dalam suatu sesi YM di sebuah malam yang galau. Hahahaha..

Kemampuan spasial gw terlalu buruk untuk tau membayangkan seberapa jauh 18 ribu(an) dan 140(an) kilometer itu. Tapi kemampuan sotoy gw yang cukup tinggi memperkirakan 18 ribu(an) kilometer itu adalah jarak dari Indonesia ke Inggris, sedangkan 140(an) kilometer adalah jarak Jakarta-Bandung. *bener ngga tuh?* :p

Ya emang bener juga, sih. Setelah kepindahan temen gw itu ke negerinya Pangeran William, pertemanan kami malah jadi lebih baik. Sebelumnya emang udah baik, tapi sekarang jauuh lebih baik lagi :)

Dulu, banyak hal yang ngga bisa (atau ngga mau) kami obrolin. Sekarang, kami bisa ngobrolin apaaaa aja kalau lagi YM-an atau Skype-an. Di saat-saat lagi 'kumat', kami bisa ngebahas kondisi politik di negeri ini. Kami berdua sama-sama ngga ngerti soal politik, tapi gw sangat menikmati obrolan 'sok pintar' kami itu. Lain waktu, gw chatting sama dia sampe pagi cuma ngebahas betapa indahnya Indonesia, nge-list daerah-daerah di Indonesia yang wajib dikunjungi sebelum berusia 30 tahun. Waktu pernikahan Prince William yang fenomenal itu, gw asyik mendengarkan membaca ceritanya tentang gimana sebelnya dia sama fenomena itu karena membuat dia susah solat Jumat :D

Melalui serat-serat optik itu, semuanya bisa kami obrolin. Tanpa sensor. Mulai dari curhat colongan sampai curhat beneran ;p. Entah kenapa, ini sama sekali ngga bisa kami lakukan ketika kami berdua (bahkan) hanya dipisahkan oleh sebuah meja kayu yang di atasnya ada dua cangkir kopi.

Teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat?
Teknologi. Take no logic?

Cupcupmuah,
-R-

*Judul ini gw ambil dari kaos-nya RepGan yang ada tulisannya "Institut Take-no-logic Bandung"

Saturday, April 30, 2011

Sekedar Update Belaka

Setelah gw ingat, gw lihat, dan gw rasa.. Ternyata gw terlalu lama menelantarkan memorabiria versi blog ini. Gw lebih banyak update memorabiria versi twitter. Payah deh gw, perlu dipertanyakan konsistensi dan komitmennya..

Anyway, kali aja ada yang penasaran sama kehidupan gw setelah KKN dan pertambahan umur.. Setelah KKN dan segala syndrome pasca KKN, akhirnya gw bener-bener 'dijedotin' lagi ke dunia nyata alias dunia semester delapan (baca: skripsi dan segala tetekbengeknya). Jadi, di minggu pertama bulan Maret gw udah mulai daftar skripsi, termasuk milih rebutan dosen pembimbing dan ngajuin judul skripsi. Untuk urusan dosen pembimbing, keribetan ngga berjalan terlalu lama. Tapi sayangnya untuk urusan judul skripsi, sampe hari ini belom mencapai kata mufakat.

Kadang gw sebel kalo ditanyain soal skripsi. Kenapa? Sebenernya lebih karena gw ngga tau mau jawab apa. Lah iyalah, untuk urusan yang paling dasar dalam skripsi (baca: nentuin judul) aja belom beres, gimana mau ngebahas progres, coba? Mungkin sebelnya itu juga sebenernya bukan sebel sama pertanyaan atau penanyanya, tapi lebih kepada diri sendiri sih. Sebel karena gw ngga tau harus apa atau gimana.

Ya gitu aja deh.. Ini posting hanya sekedar update belaka. Tidak ada yang dibuat-buat. Jika ada kesamaan nama, tokoh, dan kejadian, sekali lagi ini hanya sekedar update belaka..

Cupcupmuah..
-R-

Tuesday, March 01, 2011

Post-KKN Syndrome


Post-power syndrome adalah gejala yang terjadi di mana penderita hidup dalam bayang-bayang kebesaran masa lalunya (karirnya, kecantikannya, ketampanannya, kecerdasannya, atau hal yang lain), dan seakan-akan tidak bisa memandang realita yang ada saat ini.
Nah! Post-KKN syndrome kurang lebih sama kaya post-power syndrome. Setelah menjalani rutinitas selama 35 hari bersama 7 orang (yang tadinya) asing, sekarang gw kesulitan mengembalikan hidup gw seperti sebelum KKN.

Sebelum KKN: gw selalu bangun siang. Kalo ngga ada kegiatan, abis solat subuh pasti tidur lagi.
Selama KKN: selalu kebangun jam 4 pagi, solat subuh, bangunin anak-anak, nyuci piring, siap-siap jalanin poker.
Setelah KKN: kebangun jam 4 pagi, trus ngga bisa tidur lagi, jadi cuma guling-guling di kasur sampe jam 6. Abis itu bingung mau ngapain.

Sebelum KKN: kalo ngga ada kerjaan, langsung ballet koprol tidur panjang :p
Selama KKN: kalo ngga ada kerjaan, langsung beres-beres dan bersih-bersih *asli, gw menteri kebersihan selama KKN*.
Setelah KKN: kalo ngga ada kerjaan, bengong, nyari piring kotor buat dicuci, trus mati gaya :(

Sebelum KKN: kalo bosen, jalan-jalan keluar.
Selama KKN: kalo bosen berjamaah, Febry langsung ambil gitar dan ngasih satu nada. Terus Gerald langsung mulai menyanyikan lagu dangdut. Terus Ferdi joget kocak. Gw? Ikutan nyanyi untuk meramaikan atau nonton aja sambil ketawa sampe sakit perut.
Setelah KKN: kalo bosen, ngeluh kangen sama anak-anak KKN :p

Sebelum KKN: buka laptop ngerjain TPS main game, internetan.
Selama KKN: laptop dipake bareng-bareng buat ngeprint laporan dan ngeprint huruf buat papanisasi
Setelah KKN: buka laptop, liat folder foto-foto KKN terus senyum-senyum sendiri

Selama KKN gw punya tujuh anak tiri yang bisa gw omelin tiap hari, sekarang gw bingung mau menganaktirikan siapa lagi :p Dengan kata lain, gw kesepian. Gw merindukan keramaian KKN kemaren :D

Ternyata, yang ngalamin #postkknsyndrome bukan cuma gw doang. Status facebook temen-temen sekecamatan gw juga menunjukkan tanda-tanda yang sama. Ada yang nulis bahwa dia kaget pas bangun pagi temen-temennya ngga ada di tempat tidur. Ada juga yang nulis bahwa dia merasa aneh ngga liat pemandangan temen-temennya lagi nyapu, ngepel, dan main laptop di ruang tamu. Gw jug ngalamin itu! Pas hari pertama pulang KKN, gw tidur di depan TV, bangun-bangun gw malah nanyain di mana temen-temen KKN gw :p

Gejala #postkknsyndrome yang lainnya: setelah gw upload foto-foto KKN, notification gw penuh sama comment anak-anak KKN. Komentarnya ngga penting banget, bahkan banyak komentar yang ngga nyambung sama fotonya. Banyak yang malah ledek-ledekan di comment foto. Jokes internal KKN mengalir deras di inbox gw. Hal ini malah bikin gw tambah kangen.

Gejala lainnya yang gw alami adalah gw sibuk menceritakan pengalaman KKN gw sama tiap orang yang gw temui. Udah mah dasarnya gw cerewet, dengan adanya KKN, gw jadi punya lebih banyak cerita. Hehehe.. Orang rumah sama anak kos udah pada gedek kali denger gw cerita, dan gw kalo cerita detail! Jadi eneg-eneg kali mereka dengernya :p

Padahal ya, selama KKN berlangsung, gw sibuk menghitung hari. Menghitung berapa lama lagi gw harus ada di desa. Berapa lama lagi gw harus tinggal sama tujuh orang itu. Berapa lama lagi sampe gw bisa berada di tengah hingar bingar kota besar. Tapi setelah 35 hari, gw malah menanti-nanti kapan bisa ketemu anak-anak KKN lagi. Emang dasar manusia ngga ada puasnya yaa.. ;)

Monday, January 10, 2011

Gw dan BEM :'(

Terhitung mulai Januari ini, gw 'lengser' dari jabatan gw di BEM. Ternyata udah tiga tahun gw mengabdi di organisasi ini *tsaaah mengabdi!*. Tadinya gw pikir akan sangat menyenangkan sekali terbebas dari segala macem kewajiban dan tanggung jawab di BEM. Bener sih. Tapi ternyata berpisah sama organisasi ini dan kenangan-kenangannya susaaaah banget.

Jangan nilai gw lebay dulu. Waktu di Bandung gw juga ikutan organisasi, dua malah: Persma dan Himastron. Tapi pas harus berpisah rasanya ngga seberat ini. Kenapa? Mungkin gini, di himpunan dan di Persma keanggotaannya ngga ada batas. Artinya gini, sekali lo masuk selamanya lo akan tetep jadi anggota. Tinggal masalah aktif atau ngga aktif aja. Tapi di BEM Psikologi Undip (ngga tau di BEM lain sama atau ngga) keanggotaan lo ada masanya: setahun. Kalo masih mau, bisa nambah lagi di kepengurusan berikutnya, setahun lagi. Gw bisa tiga tahun? Hehehe.. Kurang cinta apalagi coba? :p

Jadi gini, waktu semester dua gw mendaftarkan diri jadi PEMUDA BEM. Hmm.. Kalo di kepengurusan sekarang, semacam EKSEKUTIF MUDA BEM. Tapi mungkin lebih mirip sama konsep anggota muda di Himastron atau Cakra di Persma. Jadi, waktu masih jadi pemuda BEM kita belum jadi anggota BEM, melainkan baru kader aja. Kami (Pemuda) diminta untuk memilih tiga dari sekian banyak kegiatan yang ada dalam program kerja kepengurusan BEM 2008. Setelah milih, nantinya kami akan "bantu-bantu" di kegiatan tersebut. Kenapa dibilang "bantu-bantu"? Karena kami memang ngga dimasukin ke susunan panitia, jadi ngga ikut rapat, cuma disuruh dateng bantuin pas hari-H aja. Gw dan beberapa temen sih bilangnya bukan "bantu-bantu" tapi "ngebabu". Hehehe.. Di sinilah bakat "banci tampil" gw ditemukan. Beberapa kali disuruh jadi MC di acara-acara kampus ;)

Setelah setahun "ngebabu" tanpa kejelasan, semester empat gw daftar lagi. Kali ini jadi staff BEM. Bodohnya, karena selama setahun jadi pemuda gw ngga merasa dapet pelajaran apa-apa, gw ngga tau mau masuk departemen mana. Pas interview, gw cuma bilang pengen masuk departemen yang ada proker wisudanya. Hahaha.. Tolol abis. Alesannya, karena jadi panitia wisuda itu enak banget. (Dulu) dapet duit, dapet makan siang, kerjanya ngga berat - cuma jadi among aja :D alesan lainnya adalah karena gw ngga tau mau masuk departemen mana. Akhirnya berdasarkan hasil wawancara, gw dimasukin ke Departemen PSDM. Alesannya, (kata Mas Agil) pas interview gw ngasih saran-saran yang bermanfaat untuk kaderisasi ke depannya (tapi gw lupa apaan.. :P). Sebagai staff PSDM (yang notabenenya adalah departemen paling sibuk), gw makin banyak kenal sama orang. Makin banyak ilmu yang gw dapet juga. Makin sibuk. Makin ribet. Kebetulan pas semester lima, kuliah lagi gila-gilanya dan kegiatan BEM juga lagi banyak-banyaknya. Tapi dari sini, jadi banyak dosen yang percaya sama gw dan ngajak untuk ikutan bantuin proyek dosen. Alhamdulillah.. Sempet sih ngeluh ke Mas Agil (kadept PSDM saat itu), "Mas, aku hampir gila nih semester lima ini. Tanganku cuma dua, kepalaku cuma satu. Yang harus dikerjain banyak dan semuanya mendesak. Stress!" Waktu itu Mas Agil cuma ketawa dan bilang, "Dinikmatin aja.. Semester lima itu justru masanya ngerasa jadi mahasiswa banget." Dulu sih pas dibilangin gitu sama Mas Agil gw malah ngomel-ngomel, trus katarsis dengan menzolimi Mas Agil. Mwahahaha.. Belakangan gw baru ngerasa apa yang dibiang Mas Agil itu bener. Bener banget malah. Dan kalimat Mas Agil tadi akhirnya kembali terucap dari mulut gw ketika anak 2008 mengeluhkan hal yang sama ke gw :)
Setahun jadi staff, bnyak air mata, keringat dan tawa. Beneran. Nangis pas jadi ketua LKMM-D, susah payah ngedanus jualan nasi kuning tiap pagi untuk (hampir) tiap kegiatan BEM, jadi ketua panitia sekaligus sie danus/sponsorship, perlengkapan, acara dan MC (babu serabutan banget deh pokonya), serta ketawa bareng "geng nasi kuning" pas SS'09. Dengan bangga, gw mau bilang: masa-masa jadi staff BEM 2009 adalah masa paling menyenangkan selama tiga tahun gw di BEM ;)

Setelah setahun jadi babu serabutan, gw dipercaya untuk masuk jajaran pengurus harian di BEM 2010. Gw jadi BENDAHARA. Bener-bener deh. Gw ngga pernah-pernahnya jadi bendahara. Kenapa gw terima? Gw menantang diri gw untuk ngerasain jadi bendahara. Gw buruk banget dalam bidang administrasi, tapi gw suka belajar hal yang baru. Makanya gw terima. Awal-awal jadi bendahara, bisa dibilang gw lebih banyak sebelnya. Kenapa? Karena selama ini gw biasa jadi konseptor dan pelaksana. Tiba-tiba gw disuruh ngurus administrasi doang? Gw merasa kemampuan gw disia-siakan. Serius. Gw beberapa kali menyampaikan ini pada temen-temen di BEM. Akhirnya gw menemukan cara biar kemampuan gw ngga sia-sia. Meskipun dalam kegiatan gw ngga banyak berinteraksi (karena gw lebih banyak interaksi sama birokrasi kampus doang), gw cukup sering hang out dan ngobrol sama anak-anak 2008 dan 2009. Nah, di sinilah gw sharing dan banyak ngasih masukan buat acara-acara mereka. Seneng karena bisa lebih akrab, dan bisa terlibat (meskipun ngga langsung) dalam kegiatan-kegiatan BEM.

Sekarang, masa jabatan gw udah selesai dan gw ngga berniat untuk nambah lagi :p. Tingal menunggu serah terima jabatan aja. Gimana rasanya? Gw bingung. Kaya dua sisi koin. Satu sisi gw merasa bagai hamba sahaya yang dimerdekakan! Ngga ada lagi rapat-rapat yang alot, ngga ada lagi bete dan cape mikirin duit buat kegiatan yang lama cairnya! Di sisi lain gw merasa sedih dan kehilangan. Yaaa kan biasanya gw dibutuhin dimana-mana, trus sekarang mereka akan jalan tanpa gw. Mungkin ini yang namanya post power syndrome ;) Hehehe.. Tapi gw seneng kok, Reza dkk kemaren banyak diskusi sama gw, dan gw suka sama konsep mereka untuk kepengurusan berikutnya. Setidaknya gw tau bahwa organisasi ini dipegang oleh orang-orang yang berkomitmen dan tau apa yang harus dilakukan.

Alhamdulillah.. Terima Kasih BEM PSIKOLOGI UNIVERSTAS DIPONEGORO! Terima kasih untuk tiga tahun yang penuh makna dan kenangan! *hapus air mata*
-R-

Thursday, November 25, 2010

D.O.D.O.L :p

Kedodolan gw udah kembali! Horeee!
Hehehe.. Kalo baca arsip blog gw yang lama-lama, kayanya hidup gw penuh dengan kedodolan. Apa-apa bisa diketawain. Tapi coba baca posting gw dua tahun belakangan. Kayanya suram dan penuh durjana melulu :D
*aduh sebenernya gw mau ngomongin apa sih*

Jadi gini, weekend kemarin gw diminta jadi tim penilai untuk LKMM-PD Fakultas Psikologi UNDIP. Ngga gw doang sih, tapi bareng beberapa temen-temen PH dan PI juga. Jadi, tugas gw adalah memberikan penilaian kepada angkatan 2010 selama mereka mengikuti materi LKMM-PD. Nah, salah satu materi yang diberikan di acara itu adalah tentang Manajemen Waktu dan Pola Pikir Prestatif *kurang lebih gitulah*. Pematerinya adalah temen seangkatan gw yang memang berprestasi, jadi kompetensinya emang ngga diragukan sih sebenernya :) Sampailah pada saat dia menampilkan slide mengenai perbandingan antara orang yang punya pola pikir prestatif serta manajemen waktu yang baik dengan yang tidak.

Untuk contoh yang positif, dia memberi beberapa contoh (yang gw yakini sebagai perilaku dia sehari-hari, karena yang gw liat setiap hari emang kaya gitu). Terus pas bagian yang negatifnya.. *eng ing eng..* dia ngasih contoh cerita tentang temennya yang menurut dia lucu:
Teman saya lucu sekali. Saya ingat waktu itu, masih semester awal. Saya ingat sekali, itu menjelang UTS, kami bertemu di angkot dan ngobrol. Ketika saya tanya mau kemana, dia menjawab mau ke toko buku. Waktu saya tanya mau cari buku apa, ia menjawab mau beli buku Abnormal. Saya tanya, "kok baru beli buku sekarang? Ujiannya kan dua hari lagi". Lalu dia menjawab, "Iya, abisnya kalo ngga beli, aku ngga tau mau belajar dari mana". Lucu sekali deh teman saya itu, dia baru membeli buku padahal ujiannya tinggal dua hari lagi...
Anak-anak 2010 pada ketawa. Ketawa sopan. Ngga yang heboh gimana gitu sih. Yang heboh justru gw dan Demy. Kita liat-liatan trus ketawa lebih kenceng daripada siapapun di ruangan itu.
Kenapa ketawa geli banget? Karena beberapa alasan: Satu, kita berdua mengenal tokoh lucu di cerita itu. Dua, kita berdua ada di angkot yang sama pada cerita itu. Tiga, tokoh lucu itu adalah gw. *jeng jeng jeng..*

Ngga ada yang tau soal itu sampai....pas rapat evaluasi sorenya... dan gw abis diketawain sama seluruh panitia yang notabenenya semua junior gw. Hadeuh. Jatuh lah martabat gw sebagai senior yang luar biasa tanpa cela baik hati, tidak sombong, rajin belajar, solat dan menabung. Terus abis evaluasi, temen-gw-yang-juga-pemateri-tadi lewat, trus langsung lah dipanggil-panggil. Untuk kembali menaikkan harga diri, ya gw samperin lah temen gw itu. Terjadilah percakapan
Gw: "Hai.. Tadi contoh temen kamu yang lucu baru beli buku abnormal itu kayanya aku kenal deh.."
Dia: "Ohyaa? Siapa yah, Ri? Aku malah lupa loh itu siapa.."
*jeger!*insert suara petir menyambar*

..selanjutnya silakan Anda tebak sendiri bagaimana kelanjutannya..

-R-

Friday, November 05, 2010

Dream..

Udah dua malam berturut-turut, gw mimpi aneh terus. Temanya sama, tokohnya utamanya jelas sama. Tapi buat gw, mimpi ini ngga menyenangkan. Gw butuh Freud, gw mau nanya sebenernya apa maksud mimpi gw.
Dreams are representative of the imaginary fulfillment of a wish or impulse in early childhood, before such wishes have been repressed. The dream images represent the unconscious wishes or thought disguised through symbolization and other distorting mechanism
Okelah, mungkin gw ngga bisa nanya ke Freud. Gw bisa baca bukunya "Interpretation of Dreams". Tapi gw butuh diyakinkan. Mungkin kalo gw nanya ke Pak Hans, jawabannya kurang lebih gini "ketidaksadaranmu mencoba menyampaikan pesan kepadamu melalui mimpi". Hadeeeuh.. Ganggu deh mimpinya.

Emm.. Dulu, gw jarang bisa inget mimpi gw. Semenjak 'dikenalin' Pak Hans pada Freud, dan Psikoanalisisnya, gw pasti inget mimpi gw. Sebenernya gw ngga terlalu percaya sama tafsir mimpi sih. Tapi sejak belajar Psikologi Dalam, kok kayanya semuanya jadi masuk akal ya, apalagi emang ada penelitiannya gitu. Sejak itu gw jadi suka interpretasi mimpi gw sendiri. Yaa banyakan sotoynya sih, pas lagi interpretasi. Tapi berhubung tidak ada pihak yang dirugikan (kecuali diri sendiri) kalo salah, jadi kayanya masih bener kok interpretasi gw :p

Mudah-mudahan malam ini ngga mimpi aneh lagi. Mimpi indah aja, Ya Allah.. Kalo bisa, mimpi Freud dateng dan ngasih analisis mimpi dua hari terakhir :p *mulai ngaco*. Amin :D

Cupcupmuah,

-R-


Thursday, November 04, 2010

Gw Ngga Lagi Patah Hati :p

Ehm.. *garuk-garuk kepala* Err.. Lama ngga posting. Tapi sebelumnya, gw mau bilang sama tamhitam: "gw ngga lagi patah hati! Bikin gosip aja lo". Eh iya, jadi terbengkalainya blog ini bukan karena gw lagi patah hati. Seperti yang udah gw ceritain di posting sebelumnya, semester ini ada tiga-huruf-yang-mematikan. Jadi ya mohon dimaklumi ;)

Nasib anak rantau, jauh dari orang tua, dan lagi mengikuti TPS. Akhir-akhir ini banyak orang yang ketemu gw terus bilang gw kurusan *bersorak dalam hati*. Tapi pas ditimbang pake timbangan tepung, kok jarumnya ngga bergerak ya? Gw semakin berpikir bahwa orang-orang yang bilang gw kurus adalah orang yang baik, karena emang cuma mau nyenengin hati gw aja :p

Eh, beberapa hari terakhir gw inget, bahwa ada beberapa hal yang ngga gw inget dalam hidup gw *duh, gimana sih!*. Maksudnya gini, waktu gw ketemu temen-temen lama, mereka menceritakan beberapa kejadian yang menurut mereka memorable banget tentang gw. Tapi, anehnya, gw sama sekali ngga inget. Padahal kejadiannya sekitar lima sampe sembilan tahun yang lalu. Ya emang sih, gw orangnya lupaan banget. Tapi biasanya kalo abis diingetin, setidaknya gw kebayang lah walaupun samar-samar. Udah beberapa kali itu kejadian. Ini boro-boro kebayang, gw bahkan ngga merasa pernah mengalaminya. Gw jadi mikir, oh ini yang namanya represi. Ih kacrut lah. Selama ini gw belajar tentang represi, nunjuk dan nuduh-nuduh orang merepresi masa lalunya, ternyata gw juga melakukan hal itu.
Teorinya sih, represi itu kan salah satu mekanisme pertahanan diri. Tapi kan sebel aja, gw ngga bisa inget apakah hal itu menyenangkan atau menyedihkan buat gw. Kemungkinan sih menyedihkan ya, sampe gw merepress segitu dalamnya.

Anyway, bulan ini gw pulang ke Jakarta. Alhamdulillah. Masih bisa pulang, walaupun cuma 2 hari aja. Yang penting bisa ngerayain ulang tahun mamah dan sholat Idul Adha bareng-bareng keluaraga :) Tapi ngga bisa main sama anak-anak, padahal gw kangen banget sama Ririe, Widya, Ivan, Dion, Miun, Gita, Tia, Ripe, Ririn, Farah, Alva, dll. Dan kayanya juga setelah itu akan lebih lama lagi ngga ketemu mereka. Mengingat akhir semester ini gw kudu KKN, dilanjutkan dengan menyelesaikan skripsi. Hadeeeuh.

Wednesday, July 14, 2010

July &Juli*

Holaa.. Tepat sebulan gw ngga ngeblog. Salah siapa? Salah gw? Bukan. Ini semua salah UAS dan World Cup yang entah kenapa bisa-bisanya barengan :p

World Cup 2010
World Cup-nya udah selesai. Spanyol menang sesuai harapan gw. Espana es campeone del mundo!! Kemaren-kemaren sering sebel sama timeline gara-gara banyak yang meremehkan tim kesayangan gw, sekarang kebayar lunas. Hihihi.. Terlalu serius deh gw ;) Gw ngga ikut-ikutan taruhan kok.. Jadi kemenangan Spanyol kemaren ngga terlalu berimbas sesuatu yang besar ke gwnya, mungkin kebahagiaan batin aja kali ya, karena bisa liat foto-foto selebrasi kemenangan mereka di ruang ganti. Aaaw Aaw aw :p
Tapi, kemenangan Spanyol kemaren bisa menjadikan gw ratu sehari kalo gw pulang ke Jakarta nanti. Soalnya di awal World Cup kemaren gw, Chrys dan Rama ngejagoin tiga tim yang beda-beda. Kita sepakat, siapapun yang tim jagoannya menang, akan jadi raja/ratu sehari. Chrys yang ngejagoin Inggris berduka duluan. Rama yang ngejagoin Belanda akhirnya mengakui kemenangan tim jagoan gw. Jadi, gw lah yang akan jadi ratu sehari, kedua makhluk itu akan memenuhi semua permintaan gw seharian. Yeay! Itu bukan judi kan ya? Bukan kan? Ya?

UAS
Gw masih ngga ngerti, kenapa UAS gw bisa-bisanya barengan sama World Cup. Untungnya jadwal UAS gw ngga pernah bentrok sama jadwal pertandingan Spanyol. Jadi gw tetep bisa nonton dengan hati tenang. Hehehe. Tapi, menurut gw, UAS kemaren adalah UAS paling ngga niat. Asa maleeeeees pisan belajarnya. Gw belajar biasanya abis subuh, karena ujiannya jam sepuluh. Jadi, kalo bisa ngerjainnya yaaa kebetulan aja masih ada yang bisa gw inget. Kalo ada yang ngga bisa ya wajar kalo
ngarang dotkom, lahlah belajarnya setengah hati gitu. Gw kirain ini gara-gara kebanyakan nonton bola, tapi setelah saya survey sana-sini ke temen-temen seangkatan*nyari temen*, ternyata emang semester ini lagi pada males-malesnya.

Ctrl+F
Gw lagi nyari orang. Gara-gara beberapa hari yang lalu gw mimpiin orang ini. Sebenernya sih, dia bukan orang yang gimana gitu dalam hidup gw. Tapi, gara-gara kemimpian gw jadi kepo pengen tau sekarang dia gimana dan dimana. Si orang ini, kebetulan juga, adalah orang yang bikin gw jadi pendukung Spanyol (inget taun 2002). Nah, pas banget kan? Jadilah gw makin penasaran nyari di Facebook, Twitter, Friendster, sampe Googling. Hasilnya? Gw nemu di friendster tapi ngga ada current info-nya. Hasil googling cuma ngasih hasil NIM dan jabatan di organisasi mahasiswa pas dia masih kuliah. Jadi, sampe sekarang tetep aja ngga nemu apa-apa. Rasanya gw pengen Ctrl+F aja gitu biar gampang, sayangnya ngga bisa. Kata orang, dipasrahin aja, ntar kalo udah ngga nyari biasanya tau-tau ada beritanya. Mudah-mudahan. Amin.

Jakarta
UAS udah beres. World Cup juga beres. Kuliah otomatis udah ngga ada juga. Libur? Harusnya sih gitu.. Gw magang lagi di YPAC mulai akhir bulan ini. Jadi sebenernya gw punya waktu dua minggu buat liburan atau sekedar pulang ke Jakarta. Tapi gw malah memilih buat stay di Semarang aja sambil nunggu waktunya magang, pulangnya nanti aja pas mau lebaran. Gw udah pesen tiket buat tanggal 7 September. Jadi sebelum tanggal itu, ngga ada pulang-pulangan deh. Hmm.. Temen-temen gw sampe terheran-heran kok gw ngga pulang. Biasanya kan gw asal ada tanggal merah dikit langsung pesen tiket buat ke Jakarta. Sebenernya gw juga heran, kenapa rasanya maleeesss banget buat pulang. Mungkin karena udah mulai "sayang duit", atau mungkin juga karena udah mulai "betah", mungkin juga karena insiden kemaren pas gw terakhir ke Jakarta yang bikin gw agak males pulang. Ngga tau ah. Yang jelas, gw lagi nyari cara biar ngga bosen dan mati kesepian karena di kosan juga ga ada orang. Ada ide? :)

Sekali lagi ah, "Yeaaaaayy Spanyol menaaaang!!" :D
-R-

*ceritanya plesetan judul film Julie & Julia

Wednesday, June 16, 2010

16 Juni

Pertama. Posting kali ini (lagi-lagi) belom bisa ngubah konten, alesannya klise: ngga sempet dan ternyata ngerubah sesuai keinginan gw kemaren ternyata susah juga. Apa yang ada di bayangan gw ternyata kalo mau direalisasikan ribet juga. Gini nih kalo think out of the box tapi eksekusinya ngga inside the box kayak kata Yoris di OMG: Creative Junkies.

Dua. Barusan pertandingan Spanyol vs Swiss. Hasil akhir 1-0 buat Swiss. Masih sama kaya 4 tahun yang lalu, gw masih menjagokan Spanyol untuk jadi Juara Piala Dunia. Jadi, hasil pertandingan malam ini cukup menohok (taelah menohok loh bahasanya!) gw. Ditambah tekanan dari timeline di twitter yang semuanya menghina La Furia Roja :'( Malem ini gw mellow berat deh. Ah.. Saya mulai lebai seperti para ababil di PIM itu ;p

Tiga. Oh well, harusnya ini yang ke dua dan soal Spanyol tadi jadi yang ketiga. Saya terlalu malas untuk ngedit (padahal tinggal blok-cut-paste doang). Tadi pagi game 6 LA Lakers vs Boston Celtics. Yeay! Lakers menang! Kalau saja Spanyol menang tadi, hari ini sempurna banget :)

Empat. Mumpung belom ganti hari, Happy Birthday, Dit! Gw ngga tau sekarang di sana jam berapa, udah lewat harinya atau belom. Selamat menjalani usia 23 ya, Dit. Sekarang lo ngerasain apa yang lima tiga tahun terakhir gw rasain: ulang tahun jauh dari rumah :) Sukses terus deh ya, cepetan balik ke Indonesia dan berbakti buat negara :p

Lima. Tadi gw abis jalan sama Kris dan Rama. Ngobrol-ngobrol doang sih kaya biasa. Dan pagi ini gw abis cerita sama mereka tentang janji seorang temen gw, sebut aja X. Udah beberapa hari ini kerjaannya bikin gw keseeeel karena dia ngga menepati janjinya. Sebenernya X ini bukan janji sama gw, tapi sama dirinya sendiri. Gw? Gw dijadikan sebagai saksi dari janjinya sendiri. Trus apa yang bikin gw kesel? X ini termasuk salah satu temen terbaik gw, jadi gw kecewa banget ketika dulunya dia pake kata "ngga akan" trus sekarang berubah menjadi "masa sih gw pernah ngomong gitu" dan "mau gimana lagi". Trus si dynamic-dodol-duo itu ngasih pernyataan yang bikin gw terbengong-bengong takjub.
"Integritas seorang pria itu dilihat dari cara dia memegang janjinya. Kalo dia ngga bisa pegang janjinya, pasti ada yang ngga beres sama dia. Jauh-jauh deh." - Kris

"Peraturan itu dibuat untuk dilanggar, tapi janji dibuat untuk ditepati." - Rama
Ah ya sudahlah. Rasanya saya terlalu banyak mengeluh dan bermuram durja malam ini. Mungkin efek kekalahan La Furia Roja :'(

-R-

Tuesday, April 13, 2010

things

Dua minggu terakhir banyak hal yang masuk ke dalam pikiran gw, yang artinya harusnya gw punya banyak topik buat ditulis di blog. Sekarang, gw ada waktu buat nulis tapi gw lupa mau nulis apa. Hahahaha :))

Ini sedikit bagian yang bisa gw inget:

Opa
Sekitar seminggu yang lalu gw nonton Rossy Show, bintang tamunya Pak Habibie. Entah kenapa, tiap kali gw liat Pak Habibie ini, gw selalu inget almarhum Opa. Perawakannya mirip-mirip, sama-sama kecil, sama-sama orang Sulawesi (bedanya, Pak Habibie dari Pare-Pare, Opa dari Gorontalo). Opa gw bukan menteri, pejabat, wakil presiden, apalagi presiden. Almarhum Opa dulunya hanya seorang pegawai dan pensiun ketika saatnya tiba. Opa gw adalah satu-satunya sosok laki-laki dewasa yang dominan dalam hidup gw. Bisa dibilang, figur ayah gw temukan dalam diri Opa. Gw kangen Opa. Gw kangen shalat jamaah sama Opa. Bahkan sampe sekarang gw masih bisa inget cara Opa membaca ayat-ayat Al-Quran dalam sholat. Doa gw selalu buat Opa. Gw yakin Opa sekarang udah bahagia di sisi Allah, karena Opaku orang yang baik :)

Perasaan
Beberapa hari ini gw agak keganggu sama perasaan gw sendiri. Ada beberapa kenangan yang tiba-tiba muncul, salah satunya pas baca blog ini. Agak bikin mules, tapi tanpa sadar bikin senyum-senyum. Salah duanya adalah, ada satu kejadian dimana hanya dengan satu kalimat gw jadi sesek napas. oh well, not literally sesek napas, tapi cuma gara-gara satu kalimat gw bisa tiba-tiba panik, salting, bete, dan gw refleks langsung pura-pura santai. Trus.... ah mending ngga usah dibahas deh, bingung gw. Hehehe..

Down Syndrome dan Autisme
Lagi-lagi karena nonton Rossy Show. Dua minggu yang lalu temanya autisme, tadi malem temanya Down Syndrome. Gw seneng media (terutama televisi) mulai sering mengangkat tema-tema tentang anak berkebutuhan khusus. Tapi sangat disayangkan, kebanyakan cuma nyeritain tentang history si anak atau kisah perjuangan orang tuanya dalam membesarkan anak dengan kebutuhan khusus aja, tanpa memberikan informasi yang cukup kepada masyarakat tentang kebutuhan khusus itu sendiri. Para pemirsa tidak diberikan informasi yang cukup mengenai (misalnya) apa dan bagaimana autisme dan Down Syndrome itu sendiri. Gw akan posting tentang ini nanti (kapan-kapan). Insya Allah, tolong diingetin kalo gw lupa ya :)

Gembel2joy2
Gembel-gembel joy-joy adalah salah satu cara gw untuk menikmati hidup. Cara lainnya adalah dengan Happy-happy joy-joy :) Bedanya apa? Kalo hepi2joy2 gw identikkan dengan buang duit, gembel2joy2 gw lakukan ketika ngga punya duit tapi pengen hore-hore. Prinsip gembel-gembel joy-joy adalah:
kalo ngga punya duit, harus mau ngeluarin effort lebih besar :)
Nah, salah satu pengamalan prinsip GGJJ ini adalah dengan melanglang buana a la ransel alias backpacking. Kalo masih jadi mahasiswa kaya gw gini, belom berpenghasilan, emang paling enak jalan-jalan pake prinsip GGJJ. Lebih seru, lebih murah. Insya Allah Juli ini gw mau backpacking ke beberapa tempat di luar Jawa sama Lija. Jadi, dari sekarang udah mulai nabung (eitss, jangan salah! Walupun ini perjalanan menggembel tapi buat gw tetep aja harus nabung, karena udah pasti si mamah ngga mau ngongkosin). Nabung adalah bagian terberat sebelum melakukan perjalanan. Doain gw ngga celamitan pengen beli macem-macem sebelum tabungan GGJJ Project terkumpul ya guys! :)

Loyang bongkar pasang
Akhirnya kebeli juga loyang ini. Dari dulu nyari ngga ketemu-ketemu (padahal kata orang gampang dicari di pasar). Jadi sekarang gw bisa bikin macem-macem cheesecake. Mulai dari blueberry cheesecake sampe tiramisu. Hore! Tapi uji coba belom bisa dilakukan karena belom ada yang bersedia jadi donor dapur. *nasib anak kost ga punya oven di dapur* Ntar kalo udah ada donornya, gw posting deh hasilnya :)

Nah kan jadi panjang. See ya! ;)

-R-

P.S : Hari ini ada yang ulang tahun! Yang satu sahabat gw, satu lagi adek ipar gw (ngarepdotkom) Happy birthday girls! :)