Pages

Friday, July 22, 2011

Res-beres. Nah-benah ;D

Sejak lulus SMA dan hidup sebagai anak kost, kamar gw di Jakarta ngga terurus lagi. Eh bukan kamar deng, lebih tepatnya lemari, rak buku, dan meja belajar gw. Jadi, udah sekitar enam tahun lemari-lemari gw itu berantakan. Isinya juga tumpukan dari jaman entah kapan tauk.

Di lemari, isinya masih banyak baju jaman SMP/SMA yang udah ga pernah dan (mungkin) udah ga muat lagi. Di rak buku dan meja belajar lebih parah lagi, setelah gw beresin, gw nemu banyak benda-benda dari jaman gw SD.

Iya. Gw emang suka sayang buat ngebuang barang tertentu. Menurut gw, hampir setiap barang spesial dengan kenangannya masing-masing. Rok ijo Al-Azhar, seragam SMP gw misalnya. Ternyata masih gw simpen buat kenang-kenangan, padahal itu udah 9 tahun yang lalu! Kemeja dan rok SMA, training dan jaket TPB, jas lab TPB, baju lebaran jaman SD! Padahal udah bertahun-tahun ngga gw pake (bahkan gw lirik) juga. Kalo pake istilahnya si Mamah, gw itu "tukang nyimpen sampah" -.-

Gw pernah nonton salah satu episode Oprah tentang ibu-ibu yang suka menumpuk barang. Jadi rumahnya penuh sesak sama barang-barang yang sebenernya ngga pernah dia pake juga, dan dia selalu beli yang baru. Kasus gw hampir sama kaya ibu itu, tapi mungkin skala gw (masih) lebih kecil. Gw skala lemari, dia skala rumah dan gw nggak bangga.

Hari pertama, urusan sama lemari baju harus diselein. Gw membagi barang-barang itu jadi tiga bagian: yang masih bisa disimpan, yang bisa disumbangkan, dan yang harus dibuang. Alhamdulillah, gw udah bisa rada "tega" untuk tidak menyimpan terlalu banyak. Untuk yang di lemari baju, semuanya gw masukin ke dalam kardus untuk disumbangkan. Yup. Ngga boleh engga tega-engga tegaan! Baju-baju itu ngga pernah gw lirik sama sekali selama paling ngga empat tahun terakhir. Gw juga tau ada yang membutuhkan baju itu. Jadi, ngga pake lama, lemari gw langsung kosong :D *bangga*. Lagian nantinya, lemari itu bakal gw isi dengan baju-baju dari lemari di Semarang kok ;)

rok ijo SMP Al-Azhar, modelnya kaya duyung. dulu kalo jalan sering keserimpet :

baju ini gw pake pas lomba paduan suara di PIM pas kelas 3 SMP, nomer pesertanya masih ada juga

Hari ke dua, urusan sama meja belajar. Meja belajar gw udah ngga ketahuan bentuknya karena dipenuhi sama buku-buku. Sebenernya ngga apa-apa banyak buku, tapi itu buku-buku dari jaman SMA belom keluar dari meja belajar! Sama kaya soal baju, gw bagi jadi tiga juga. Nah di sini pergolakan batin luar biasa. Gw menemukan catatan-catatan harian gw pas jaman SMP-SMA! Ada juga diary-diary yang diisi sama temen-temen sekals pas jama SD. Trus album-album foto, album perangko, surat-surat dari sahabat pena, kartu-kartu lebaran dan kartu ucapan selamat ulang tahun dari teman-teman sejak jaman SD. Benda-benda itu jelas gw masukin ke dalam kardus "SIMPAN".
surat-surat, kartu lebaran, dan kartu ulang tahun dari temen-temen: SIMPAN.

bukti otentik kalo saya dulunya Pramuka beneran!



Ada lagi tempat pinsil, beberapa set alat tulis (penggaris-pensil-busur-isi pensil-penghapus) yang belum pernah gw pake dan masih ada bungkusnya! Notes-notes, diary kosong yang belom pernah gw tulisin, kertas file (dulu jaman SD suka tuker-tukeran kertas file sama temen-temen), buku gambar yang masih suci, sampe boneka barbie gw masukin ke dalam kardus untuk disumbangkan. Sisanya? Buaaaang!
kertas ujian jaman SD masih ada juga: BUANG!
kartu bayaran pas SMA masih ada loh di lemari belajar gw: BUANG!

Bebenah lemari belajar itu agak kocak, banyak kenangan-kenangan konyol yang gw temuin. Contohnya? Tadi gw nemu dua map gede yang isinya foto-foto, potongan artikel dari majalah dan tabloid, pin-up dan poster WESTLIFE dan ME! Yak, yang mau menghina, silakan loooh.. Yang kayak gitu jelas gw buang. Ya kali gw simpen terus? :p Malu sama umurr.. Kan sekarang boyband barat udah ngga jaman, sekarang jamannya boyband Korea. Hihihi.. Belom lagi pas baca catatan harian gw pas jaman SMP-SMA. Aihhh.. Masih labil banget! Kocak deh bacanya, gw ampe gemes sendiri sama si Ria-versi-ABG itu :p

memorabiria dalam bentuk non-digital: SIMPAN! :D

Sebenernya rangkaian bebenahnya belom selesai. Rak buku dan rak figurin belom gw sentuh. Kayanya butuh waktu seharian lagi buat ngeberesin rak buku gw yang isinya komik semua itu :p

No comments: