Pages

Sunday, July 24, 2011

Syndrom Mahasiswa Kebelet Lulus: Banyak Mau!

Ketika masuk pada tahap skripsi, gw menyadari kalo gw sering galau. Jeleknya, gw kalo galau cenderung menghindari masalah dan jadi engga produktif. Misalnya, beberpa waktu yang lalu gw stuck di Bab 1. Alih-alih nyari solusi, gw malah jadi males bimbingan sama dosen. Atau pas ada masalah akreditasi (yang ini sih sebenernya ngga usah dipikirin, tapi namanya juga galau, bisa nemplok kapan aja dimana aja), gw malah jadi counter-productive ngerjain skripsinya dan malah mikir buat menunda kelulusan.

Nah, dalam rangka menambah semangat buat ngerjain skripsi dan lulus tahun ini, gw bikin hadiah buat diri gw sendiri kalo berhasil memenuhi target. Hadiahnya adalah: JALAN-JALAN! :D

Gw punya beberapa peer debrief selama mengerjakan skripsi. Semuanya adalah temen-temen seangkatan di kampus yang juga lagi menjalani skripsi. Jadi kalo udah mulai sebel, galau, dan stuck sama skripsi, kita saling menyemangati satu sama lain. Salah satu cara menyemangati adalah dengan bikin planning jalan-jalan bareng.

Yang jadi masalah adalah, plan jalan-jalan barengnya engga cuma satu, soalnya peer debrief gw juga engga cuma satu. Mungkin ini syndrom yang dialami sama mahasiswa yang udah kebelet lulus: bikin rencana jalan-jalan setelah lulus.

Kalo sama Cepi, gw bikin rencana road trip keliling Sumatera (dengan tujuan utama Sikuai! Gaya banget kan!). Sama anak-anak kosan, kami merencanakan buat mengunjungi pantai-pantai di Pulau Jawa. Sama Ami, Muty, Ulil (geng RM :p) berencana buat ikutan program bahasa di sebuah negara setelah lulus barengan. Belom lagi perjanjian yang gw tanda tangan bareng Acin, Demy, Sekar, Tala pas tahun 2009 buat tur berenam ke negeri para dewa dewi (Iya.. Gw tau, gaya banget kaan? *sigh*)

Kemarin malem gw juga sempet chatting sama Masyhur. Dia cerita soal rencananya jalan-jalan ke Kalimantan-Sulawesi-Nusa Tenggara setelah lulus nanti. Gw jelas tergiur buat ikutan. Belom lagi rencana gw buat berkunjung ke kampung para leluhur gw di Gorontalo berdua mamah setelah lulus.

Iya iyaaa.. Gw tau kok gw BM! Gw juga pusing yang mana yang beneran bisa direalisasikan, karena kalo mau semuanya berarti harus nanem pohon duit dulu.. Atau muntah berlian, atau nambang minyak bumi di muka -.-" Tapi tuh ya, segala macem rencana jalan-jalan ini beneran bikin gw semangat buat ngerjain skripsi dan lulus secepetnya! Kalo nabung mah udah jelas gw lakukan.. Tapi kalo engga cukup juga? Ya.. Kita berdoa aja, siapa tau gw ntar dapet rejeki banyak jadi bisa terpenuhi semuanya. Amin! :D

Yuuk, doa bersama! Berdoa dimulai...
...
...
...
Selesai! Amin! :D

-R-

3 comments:

hilmy said...

Amin!

Kayaknya sindrom mahasiswa kebelet lulus ini selain bikin rencana jalan-jalan jadi makin sering nge-blog juga ya Ri? :P

riariaria said...

ya ampuuun! yunomisowel deh Syhur :p
lah abisan enakan ngetik di blog daripada di skripsi . hahahaha *alibi*

Anonymous said...

riiiiaaaa... jadiii amin :D