Pages

Thursday, October 02, 2008

Lebaran 1 = Rempong Kuadrat

Gilee.. Walaupun gw ga ada tradisi mudik (yaiyalah, manusia multiras dan multikultur kaya gw mau mudik kemana? Jakarta banget deh gw!) Lebaran hari pertama tahun ini bener-bener repooott! Kalo taun-taun sebelumnya gw cuma repot masak doang, tahun ini repotnya parah. Kenapa?

Pertama. Ini pertama kalinya rumah gw open house di lebaran hari pertama. Maksudnya, open house dimana semua keluarga gw dari segala penjuru dateng. Tahun-tahun sebelumnya, keluarga besar dateng ke rumah gw pas lebaran kedua ato hari ketiga, pas Oma gw balik dari Mekkah. Hari pertama biasanya kita ngumpul di Klender, rumah kakaknya Oma gw. Tapi, Oma Klender meninggal awal tahun ini, jadi Oma gw jadi penggantinya sebagai tetua di keluarga. Lagian tahun ini Oma gw ngga umroh. Jadi pas deh, semua keluarga tumplek blek di rumah gw.

Kedua. Ini pertama kalinya kami lebaran tanpa ada 'asisten rumah tangga' sama sekali. Biasanya, ada satu mbak: Mbak Muk, yang notabenenya adalah tetangga gw, yang ikutan bantu-bantu di hari Lebaran. Tahun ini Mbak Muk udah punya besan yang harus dikunjungi. Jadilah di Lebaran hari pertama beliau ke rumah besan dan ga bisa bantu-bantu di rumah gw. Tugas gw jadi makin banyak. Selain masak, juga bolak-balik dapur-ruang makan buat ngisi ulang makanan yang udah abis dan ngangkatin piring kotor buat dicuci.

Ketiga. Jumlah keluarga yang dateng semakin banyak. Ya iyalah, gw sekarang udah punya banyak ponakan-ponakan (gw tetep minta dipanggil Kaka Ia doong) yang masih piyik-piyik, hobi lari-lari, grasak-grusuk, numpahin makanan.

Keempat. Nyokap dan tante-tante gw udah pada kecapean masak pas malem takbiran. Jadi, pas lagi banyak tamu, mereka pada tidur di kamar dan menyerahkan tugas melayani tamu pada gw dan dua sepupu gw.

Keenam. Jakarta panaaaas buangeet hari itu. Rumah gw ga pake AC kecuali di kamar-kamar. Kipas angin ga cukup membantu di hari itu. Gw ngerasa bagai makaroni yang dimasukkin di Oven.

Tapi yah, ada seneng juga deh.. Ketemu keluarga besar pas lebaran bener-bener menyenangkan! Denger kabar-kabar terbaru dari mereka, ngasih tau update terbaru kehidupan gw, ngga ngomongin gosip-gosip jelek (yaiyalah! ini lebaran bu!), bener-bener bikin gw nyaman. Walaupun, ada beberapa anggota keluarga yang ngga gw kenalin (saking lamanya ga pernah ketemu ato saking hubungan kekerabatannya terlalu jauh ;p) sampe-sampe gw cuma salaman trus cipika-cipiki sambil bilang "Minal Adin yaa" padahal gw juga lupa namanya siapa. Hehehe..

Segini dulu deh cerita gw. Gw lagi rada diare nih. Padahal gw ga ngerasa makan yang aneh-aneh deh.. Doain gw cepet sembuh ya. Makanan lebaran lagi enak-enak banget soalnya. Hihihi.. :D

2 comments:

atl said...

ihh enaknya kumpul sama keluarga besar. eh iya bgt tuh ri, ko jakarta makin panas yaa. haha.. gaya bgt gw baru jadi anak perantau. eh better late than never nih, selamat idul fitri yaa ria.. maafin kalo ada salah2 :)

riariaria said...

sama2 ya tal.. hahaha.. jakarta juara dua panas deh pokonya. nomer satunya tetep: semarang! ;p