Pages

Thursday, April 30, 2009

Obsesi Baru: Jadi Bagian dari Global Community! :)



Ada yang inget sama nama-nama ini?
J.P Coen, Pieter de Carpentier

Kalo sama yang ini?
Bitterballen, kaastengels, pofertjes, schootel.

Ato yang ini?
Marco Van Basten, Ruud van Niestelrooy.

Oke. Gw percaya lo semua punya ingatan yang cukup baik untuk mengingat nama-nama pemimpin Hindia Belanda yang pernah kita kenal di pelajaran PSPB jaman dulu. Gw juga yakin lo semua pasti kenal nama-nama makanan lezat yang gw sebutin tadi. Dan gw juga yakin banget, ngga ada yang ngga kenal sama dua nama yang gw sebutin terakhir. Trus? Ada yang tau hubungan semuanya?

Oke. Oke. Ngga usah teriak-teriak gitu jawabnya. Nyantai aja, meneer.. Iya, betul! Semuanya identik sama satu negara: Belanda. Nah, ngomongin soal Belanda, gw jadi inget cerita dari temen-temen gw di Astronomi ITB yang taun kemaren (dan tahun-tahun sebelumnya) pada berangkat ke Belanda buat ikutan program Summer School di Utrecht. Bikin sirik ngiri banget deh. Apalagi liat foto-foto selama mereka di sana. Rasanya kepengen banget ikutan. Sayangnya ngga bisa :(. Tapi.... (seperti biasa) gw berusaha mengubah kesirikan gw menjadi sebuah motivasi. Gw pengen ke Belanda juga. Dengan cara gw sendiri, tentunya. Apapun itu.

Kenapa Belanda? Karena dari dulu gw selalu pengen punya pacar bule. Hahahaha.. Terinspirasi ngeliat anaknya Maudy Kusnaedi dan Erik Meijer yang lucu banget, gw ngebayangin gimana jadinya anak gw kalo gw punya suami orang Belanda. *ngayal dot kom*

Seperti tema kompetiblog, “Studi di Belanda, ticket to a global community”. Gw pengen jadi bagian dari komunitas global itu. Artinya, kalo gw ngga bisa ngedapetin orang Belanda yang mau ama gw, gw harus nyobain studi di Belanda. Kaya Bu Annas dan Bu Costrie, dosen-dosen gw yang baru aja menyelesaikan studi psikologi mereka di Belanda. Dari cerita-ceritanya, kayanya menyenangkan banget studi di Belanda itu.

Kenapa Belanda bisa jadi tiket gw buat jadi bagian dari komunitas global?
Man, lo tau kan kalo Belanda itu termasuk salah satu negara di Eropa yang masuknya harus pake visa Schengen? Jadi, gampang aja kalo kita mau 'main-main' ke negara-negara sekitarnya kaya Prancis, Jerman, Italia, Spanyol atau Denmark. Begitu juga sebaliknya, orang-orang yang lagi 'main' ke negara-negara Schengen itu bisa 'mampir' ke Belanda sesuka hati. Apalagi dengan sistem transportasi yang udah canggih banget kaya sekarang. Katanya sih, buat 'nyebrang' ke negara sebelahnya, sama kaya kita 'nyebrang' dari Jakarta ke Bandung aja. Hmm.. Gw jadi ngebayangin ada tol Cipularang di Belanda *minta dilempar bakiak*. Artinya, kesempatan kita buat ketemu dengan orang-orang dari belahan bumi lainnya besar banget! Semakin dekat lah kita ke global community tadi. Asik kan?

Ngga bisa berbahasa Belanda? Cuma bisa ngomong "Ik hou van jou" doang? Jangan sedih! Menurut website Neso Indonesia,
"Belanda merupakan negara non berbahasa Inggris pertama yang menawarkan program studi berbahasa Inggris. Lebih dari 1300 program studi internasional untuk berbagai bidang ditawarkan oleh pendidikan tinggi Belanda"
IH WAW!! Menurut cerita-cerita yang gw denger, orang-orang di Belanda juga juga masih mau diajak ngomong pake bahasa Inggris, kok. Ngga kaya di Jepang ato Prancis yang (konon katanya) pada ngga mau ribet diajak ngomong pake bahasa Inggris.

Sayup-sayup gw denger ada yang nanya, "Ngapain sih jadi bagian dari global community?".
Pertanyaan bagus! Karena gw seneng berinteraksi dengan orang lain. Gw seneng bertemu dengan orang-orang yang baru, berteman dan belajar dari mereka. Gw seneng melihat perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap orang. Individual differences! Semakin banyak perbedaan yang gw liat, gw semakin tertarik untuk mengenal mereka lebih dalam. Komunitas global berarti gw akan ketemu dengan komunitas yang multikultur,dengan orang-orang yang tentunya punya banyak perbedaan dengan gw. Gw jadi bisa belajar banyak hal yang belom pernah gw ketahui sebelumnya. Harapannya sih, dengan mengenal lebih banyak perbedaan, akan membuat gw semakin menghargai perbedaan itu sendiri. Jadi, ngga akan ada prasangka buruk terhadap perbedaan. Bayangin deh, kalo semua orang di dunia ngga berprasangka buruk terhadap perbedaan, pasti ngga akan ada perang. Perdamaian dunia yang selama ini jadi harapan kita ngga cuma jadi sesuatu yang tertulis di buku PPKN aja :). Terdengar agak cliche sih, tapi jujur deh itu alesan gw kenapa pengen jadi bagian dari komunitas global.

Anyway, kalo gw bisa ke Belanda dan jadi bagian dari komunitas global, ada beberapa hal yang pengen banget gw lakukan.
Pertama. Ngebuktiin pepatah yang ada di buku pribahasa SD gw, "Karena nila setitik rusak susu se-Belanda". Serius deh. Itu beneran ngga sih??
Kedua. Katanya, Belanda itu dibangun di atas kanal-kanal. Gw ga bisa ngebayangin konsepnya: 'negeri di atas kanal"?? Kok yang kebayang ama gw jadinya kayak restoran yang dibangun di atas Situ Gintung? Gw harus liat dengan mata kepala gw untuk mengerti yang satu ini.
Ketiga. Denger-denger, banyak hal dalam budaya kita yang mungkin mirip-mirip sama budaya Belanda. Gw pengen tau, bener ngga sih, kita punya banyak kesamaan sama mereka?
Keempat. Tiga ratus lima puluh tahun kita dijajah Belanda. Menurut sejarah, dulu para tentara Belanda banyak yang menikahi orang Indonesia. Makanya banyak orang Indonesia yang sebenernya keturunan orang Belanda. I'm wondering. Gw ada turunan Belanda ngga ya? Kali aja pas gw ke Belanda gw bisa ketemu sama saudara jauh gw. Iya kan?? Kita ngga tau aja, siapa tau gw sebenernya masih ada hubungan darah sama Ratu Beatrix? Gw akan cari tau soal yang ini. Hehehe..
Keenam. Nyari pacar bule.Ehm. Tetep usaha dooong

Sipp lah! Mari kita berdoa semoga khayalan cita-cita suci gw ini bisa tercapai. Berdoa mulai!
...
...
...
Amin! Selesai! ;)

5 comments:

Liza said...

tulisan ini syarat buat ikutan kompetisi blog ya ri ??! wew... semoga menaaaaang ya........

btw, PSPB pelajaran apaan sih ?! sejarah kalee...

riariaria said...

najis!lo ga tau PSPB itu apa? anjis, berasa tua aja gw.
dulu, pas gw kelas 1 SD, pelajaran ejarah namanya PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa). gitu ja..

nadya said...

hihihi ... jujur amat :-P cari cowok belanda-nya yang kayak jp coen atau van basten ni? hehehe

lam kenal ya, aku sesama peserta kompetiblog, good luck!

Ti2Sh said...

Endingnya gmn nih? Udah diumumkan kah?

riariaria said...

belom mbak.. udah liat di website nya tapi belom ada juga :(