Pages

Wednesday, March 05, 2014

Dipilih Dipilih Dipiliiiiihh..

Gue baru inget kalo bulan depan udah Pemilu Legislatif. Dan gue juga baru inget kalo gue belom tau mau milih siapa. Eh salah, gue bahkan belom nyari tau siapa aja yang bisa gue pilih.

*eh kok kayanya ini bakalan panjang ya, jadi kalo yang ngga ada waktu atau yang ngga peduli ama urusan pemilu-pemilu ini mending skip aja, kita ketemu di posting berikutnya. Bye!



Kemaren-kemaren ya sempet nonton debat-debat caleg di TV, sih. Tapi kan ngga tau, ya, mereka bisa gue pilih apa ngga (baca: masuk ke dapil gue apa ngga). Waktu itu sempet nonton, kalo ngga salah di Mata Najwa, katanya Dapil III Jakarta itu dapil neraka buat para caleg. Karena, katanya, banyak artis, pejabat, dan orang-orang terkenal yang jadi caleg untuk dapil tersebut. Waktu gue denger, respon gue kalo dijadiin emoticon mungkin kaya gini -____- alias MALES BANGET. Menurut gue, (ini pendapat pribadi gue lho ya) artis jadi caleg itu ENGGA BANGET. Kecuali si artisnya emang udah lama keliatan vokal sama isu-isu tertentu dan membawa isu tersebut ke dalam program kerjanya nanti ya, kalo artis yang prestasinya cuma mondar-mandir di infotemen sih mending ke laut aja. Gue emang agak alergi sama artis nyaleg, intinya sih gitu.

Sampai tadi malem, waktu gue memutuskan buat mulai nyari tau siapa aja yang bisa gue pilih di pemilu legislatif bulan depan, gue baru ngeh kalau tempat tinggal gue masuk ke wilayah dapil III Jakarta (Jakarta Barat, Utara, dan Kep. Seribu). LAH? Jadi yang konon katanya dapil neraka itu tempat gue? Jadi si artis-artis itu ceritanya saling memperebutkan suara dari gue? HAHAHAHAHAHA.. *tiba-tiba merasa superior*

Anyway...
Buat nyari tau profil para calon anggota legislatif ini bisa diliat di dct.kpu.go.id, tapi gue agak ga puas sama profil yang terpampang di situ. Jadi gue gugling satu persatu tiap nama yang muncul jadi caleg untuk dapil III DKI Jakarta. NIAT BANGET, mbak?? Iya dong. Kan udah belajar, nih, ceritanya, dari pemilu sebelumnya. Waktu itu gue udah ngumpulin data-datanya tapi sampe hari-H, ngga satupun yang gue baca. Akhirnya di bilik suara, gue cuma capcipcup doang.

Hasilnya? Lima tahun belakangan sering ngerasa bersalah kalo liat anggota DPR yang bobok-bobok siang pas rapat, kena skandal, disebut namanyanya sama KPK, atau malah ngga keliatan kerjanya. Karena gue cuma capcipcup doang pas milih, gue jadi merasa bersalah kalau-kalau salah satu dari mereka itu adalah orang yang gue pilih secara asal lima tahun yang lalu.

Tahun ini, gue mau memastikan kalo gue tau siapa yang gue pilih. Jadi nanti kalo dia beneran kepilih dan jadi anggota DPR, gue berhak teriak paling kenceng di kupingnya kalo dia tidur di ruang rapat. Atau ngelemparin dia pake tomat busuk kalo dia ketahuan nilep duit.

Nentuin tempat makan/hangout aja gue ribet: tempatnya harus bersih, harganya ngga mahal, ngga terlalu rame karena pasti pelayanannya jadi lama, tapi ngga yang sepi juga karena berarti makanannya ngga enak, makanannya jangan yang menunya daging merah semua --ntar gue makan apa dong, tempatnya yang nyaman jadi abis makan bisa ngobrol-ngobrol tanpa deg-degan bakal diusir sama pelayan kalo kelamaan, endebre endebre.. Ribet kan? Embyeeeerr..

Buat pemilu legislatif ini juga ga kalah ribet, gue punya beberapa syarat yang harus mereka penuhi:
  1. Bukan selebritis. Mantan atlet berprestasi masih dimaafkan lah, tapi kalo pemain sinetron, pengacara seleb yg sering wara-wiri di infotainment, dan sekuter-sekuter lainnya ngga deh.
  2. Bukan anggota DPR yang sedang mencalonkan diri kembali.
  3. Bukan menteri/pejabat yang banting stir jadi anggota DPR.
  4. Tidak miskin. Jabatan anggota DPR riskan banget soalnya.. Kalo yang ini, gue liat dari pekerjaan sebelumnya sih. Ehtapi kalo tajir mampus juga ya gue liat ya pekerjaannya apa dan di mana, orang tuanya siapa, jadi bisa dikira-kira gue harus ngelamar kerja kemana :)))
  5. Masih muda, tapi tidak lebih muda dari gue. *ih ini nyari caleg apa nyari jodoh sih????* Kalo lebih muda dari gue, mending coba cari suara dari yang lain aja ya, dek :)) Pokoknya usia 27-40 tahun, lah. Kenapa? Karena gue percaya kelompok umur segitu ngerasain hidup di zaman orba, reformasi dan pasca-reformasi tapi belom tua. Ya kalo cuma ngalamin tiga zaman itu sih nyokap dan Oma gue juga ngerasain, ya. Tapi kan balik ke kata kunci pertama: muda.
  6. Ngga bego. Buat yang ini, ampun beribu ampun deh, bukannya gue sok pinter. Tapi ada beberapa nama caleg di dapil gue yang lumayan sering nongol di tivi, ditanya apaaa jawabnya apa. Jaka sembung makan golok, lah Limbad dooong..
Yang penting sih enam itu dulu kali, ya. Dari enam syarat di atas kayanya gue bisa mengerucutkan sampe separuhnya deh. Sisanya tinggal pinter-pinter gue cari yang terbaik aja lah. Mungkin, mungkin ya, lebih gampang kalo lo udah percaya sama salah satu partai. Jadi tinggal nentuin satu dari 6-8 orang yang ada di list caleg. Sayangnya, gue memilih untuk tidak percaya pada parpol manapun, jadi ya gue liatnya langsung ke orangnya. Mayan deh yaaa ngepoin 118 orang, jereng juga deh gueee..

Sekali lagi, ini gue bikin atas pendapat gue pribadi dan tidak bermaksud menyudutkan apalagi menjelekkan siapapun. Lagian kan urusan suara ya sebenernya balik ke preferensi masing-masing kan yaa.. Udah, ah. Ga cuma jereng nih kayanya gue, keriting juga jari-jari akyuuuuu :s


Yuk ah, calegnya kakaaaaa..

R

No comments: